KIRIM SMS (PESAN SINGKAT) VIA NET SEND PADA JARINGAN LOKAL (LAN)

Windows (2000, XP and laters) sudah menyediakan service bernama Messenger yang dapat digunakan untuk media komunikasi / SMS-an dgn sesama user pada jaringan LAN anda. di kantor atau Lab komputer misalnya. Secara default service ini diaktifkan (enabled) oleh Windows. Tetapi kadang service ini juga sengaja di-disabled, atau diset “Manual” oleh si empunya komputer dgn alasan/pertimbangan tertentu. Untuk mengeceknya anda bisa langsung jalankan perintah : “services.msc” pada menu Run… Windows.
Lihatlah pada item Messenger, apakah pada kolom Startup Typenya diset “Automatic”, “Manual” atau “Disabled”. Jika status bernilai Automatic berarti layanan Messenger selalu aktif pada setiap komputer digunakan. Bila diset “Manual” berarti Messenger bisa diaktifkan sewaktu2 saja dibutuhkan. Jika kalo di-disable berarti Messenger dalam kondisi dimatikan. Efeknya adalah messenger tdk bisa dijalankan. Jika dikehendaki maka anda bisa mengakifkan/menjalankannya dengan mengklik kanan item Messenger dan pilih Start. atau klik kanan Messenger, pilih Properties, pada kolom Startup Type bisa anda atur apakah mau diset: Automatic, Manual atau Disabled. Aturlah sesuai kebutuhan anda. Kemudian pada Service Status, klik tombol Start (jika belum aktif).
Jika anda ingin lebih cepat mengguanakan perintah dari CMD console juga bisa. Begini command-nya:

net start messenger (enter)

Jika servis messenger sudah aktif (jalan) di komputer kita, maka untuk menggunakannya sangat mudah.
Yaitu anda hanya perlu masuk ke CMD console, – caranya: klik Start , CMD (enter). setelah berada di jendela CMD ketikkan perintah ini :

net send No_IP_atau_Nama_host “Pesan_yang_ingin_dikirimkan”

Contohnya begini:

net send 192.168.1.5 “Ayo… sholat dulu…..! Udah sholat belum….?”

atau net send PC-01 “Ayo… sholat dulu…..! Udah sholat belum….?”

Pada contoh diatas IP address komputer target adalah : 192.168.1.5 , dan isi pesannya adalah : “”Ayo… sholat dulu…..! Udah sholat belum….?”

Kemudian pada contoh kedua, bukan digunakan IP address (no IP) komputer target, tetapi menggunakan host_name (nama komputernya). Pada contoh kedua, nama komputer yang dikirimi pesan adalah PC-01.

Jika anda ingin mengirimkan pesan ke semua komputer (hosts) yang sedang terkoneksi di jaringan LAN anda, anda bisa gunakan perintah :

net send * “Isi_pesan_yang_dikirimkan”

Contohnya : net send * “Jam praktikum sudah habis. Silahkan simpan dokumen anda dan shutdown komputernya. Terima kasih”

Disini digunakan karakter * (asterisk) yang berarti pesan ini dikirimkan ke semua komputer siswa yang sedang trhubung di LAN laborat komputer misalnya.

- NB :

*) Untuk mengetahui nama komputer yang anda pakai, dari CMD console ketikkan perintah : hostname (enter)
*) Sedangkan untuk mengetahui informasi nama komputer dan IP addressnya, ketikkan perintah : ipconfig /all

Jika anda ingin menyimpan informasi setting IP dan hostname komputer di hadapan anda, ketikkan perintah pada CMD console :

ipconfig /all >> C:\ip-pc01.txt

Dengan perintah ini maka informasi setting IP secara detail akan disimpan pada file bernama ip-pc01.txt di root drive C:\.

Coba carilah di C:\ akan ada file bernama “ip-pc01.txt” dan bisa anda buka dgn program Notepad terus bisa anda simpan di flashdisk. Gampang bukan….?

Kesimpulan:

Kelebihan dari penggunaan Messenger bawaan Windows ini adalah tidak perlu diinstall. Di semua komputer berbasis Windows 2000,XP dan yang lebih baru sudah tersedia. Anda tinggal perlu mengaktifkan layanan Messenger-nya saja. Kekurangannya : kemampuannya terbatas dan jumlah teks yang bisa dikirimkan.
Tetapi untuk sekedar kirim-kiriman SMS lewat jaringan LAN anda, saya kira cukup praktis dan berguna juga.

OKE sohib semua, semoga tips sederhana ini bisa bermanfaat. Praktis dan berguna, itulah yang ingin ditekankan oleh penulis. Salam ….

About these ads
Explore posts in the same categories: Tips, Tips Pribadi, tips windows

Satu komentar pada “KIRIM SMS (PESAN SINGKAT) VIA NET SEND PADA JARINGAN LOKAL (LAN)”

  1. aan Berkata

    thx infonya sob…. terus berkarya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: