Tips htaccess Yang Seharusnya Diketahui Webmaster

Tips htaccess Yang Seharusnya Diketahui Webmaster

Bagi pengelola web atau webmaster, selain dari pada mendesain web dan meng-update isinya diharuskan juga untuk mengerti dan mempelajari beberapa file yang sangat penting, seperti file robots.txt dan .htaccess. Berikut akan saya berikan beberapa tips untuk File .htaccess yang seharusnya diketahui oleh pengelola web atau webmaster. Baca: Mengenai FIle .htaccess

Membuat Redirect pada saat memperbaiki atau mengupdate website.

Jika kita ingin memperbaiki website, entah itu saat mengganti desain website atau memperbaiki kerusakan-kerusakan yang lain, sehingga pada saat orang lain mengunjungi website kita masih terlihat adanya kerusakan pada website. Bagi seorang webmaster, hal tersebut haruslah dihindari karena untuk menjaga keprofesionalan dari website tersebut. Untuk menghindarinya kita dapat mengarahkan pengunjung secara langsung dengan melakukan redirect kehalaman lain, dimana halaman tersebut dapat berisi pesan bahwa website yang kita kelola tersebut masih diperbaiki.

Untuk melakukan redirect kita dapat menambahkan beberapa kode kedalam file .htaccess, sebagai berikut :

order deny,allowdeny from all

allow from 123.123.123.123

ErrorDocument 403 /page.html

<Files page.html>allow from all

</Files>

Kita harus mengganti 123.123.123.123 dengan IP address dari komputer kita agar kita masih dapat melihat perubahan yang terjadi sebelum untuk konsumsi publik. Kita juga harus mengganti page.html dengan nama file halaman sesuai dengan file yang kita buat. File ini adalah halaman yang dilihat pengunjung saat kita melakukan perbaikan.

Setelah perbaikan dianggap selesai kita harus menghapus kembali kode diatas agar pengunjung dapat menikmati kembali website kita.

Menampilkan Halaman Error 404

Pada saat pengunjung website melihat suatu alamat URL dalam website kita tetapi alamat tersebut tidak ada dalam website maka didalam browser akan muncul pesan error yaitu “404 File Not Found“. Agar kelihatan lebih profesional website kita, pesan error ini dapat kita ganti dengan sebuah halaman yang kita definisikan sendiri pesannya, dengan cara menambahkan kode pada file .htaccess sebagai berikut:

ErrorDocument 404 /404.html

Kita dapat mengganti 404.html sesuai dengan nama file yang kita buat. Jadi saat terjadi error 404, pengunjung akan melihat halaman file tersebut.

Memindah atau Mengganti Nama File

Jika kita pernah memindah atau mengganti nama halaman dalam website kita, maka kita wajib melakukan Redirect agar pengunjung yang melihat halaman yang lama dapat langsung mengarah melihat halaman yang baru. Untuk melakukan itu dapat dilakukan dengan menambahkan kode pada file .htaccess sebagai berikut:

Redirect 301 /lama.html http://domainanda.com/baru.html

Mencegah Browsing Direktori dan File

Jika dalam direktori di server hosting kita tidak ada halaman index nya, maka pengunjung akan dapat melihat direktori dan file-file yang kita miliki yang ada di server. Sebagai pengelola website, hal tersebut harus kita cegah selain demi keamanan website kita, hal tersebut sama saja memperlihatkan seluruh isi file yang kita miliki di server hosting untuk dilihat oleh orang lain. Untuk mencegahnya kita dapat menambahkan kode pada file .htaccess, sebagai berikut :

Options All -Indexes

Beberapa server hosting telah melakukan pencegahan tersebut secara otomatis, tetapi beberapa server hosting yang lain masih belum melakukan hal tersebut. Jika terjadi demikian maka kita wajib menambahkan kode diatas dalam file .htaccess.

Explore posts in the same categories: internet

One Comment pada “Tips htaccess Yang Seharusnya Diketahui Webmaster”

  1. opix Says:

    Ternyata .htaccess banyak berguna juga ya. Saya jarang manfaatin .htaccess


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: