Membuat Portable Software

Tool yang harus disediakan, antara lain :

  • Do’a dan tawakal
  • Winrar v3.x keatas
  • File yang mau disatukan
  • Cemilan biar ga BT :)

How to make it, berikut ulasan detailnya :

  • Siapin file-file yang loe mau satu in ke dalam satu folder, misalkan “mIRC.exe, micr.hlp, System, Log, Download, Sound, server.inf, mirc.inf, url.inf, dsb” kedalam folder “chat”.
  • Blok semua file yang ada dalam folder tersebut, bisa dengan cara klik file awal + tekan tombol shift + klik file akhir, atau bisa dengan langsung. Itu terserah individu masing-masing.
  • Klik kanan pilih “Add to archive. . .” pasti muncul windows untuk konfigurasi sebelum meng archive file-file tersebut.
  • Pada tab “General” loe cari checklist box yang bertuliskan “Create SFX archive”, kasih checklist dan liat tulisan pada bagian “Archive name” pada bagian atas, extensi filenya menjadi .exe kan?! Sejauh itu sudha bagus dan sebenarnya sudah berhasil, namun untuk menjadi lebih asyik lanjut ke tahapan selanjutnya!
  • Pindahkan tab ke tab “Advanced” cari tombol bertuliskan “SFX options…”. Pada windows “Advanced SFX options” di tab “General” cari bagian “Path to extract” disana ada 3 pilihan. Untuk pilihan “Create in “Program Files””, itu berarti bahwa file akan di extract di c:\Program Files. Untuk pilihan “Create in current folder”, berartibahwa file akan di extract di folder tempat menyimpan file .exe yang kita buat. Untuk “Absolut path” loe bisa nyimpen di folder tertentu yang jadi tempat extract file .exe nanti. Untuk contoh pilih aja “Create in current folder”.
  • Lihat ke bagian bawahnya, disana ada dialog box bertuliskan “Run after extraction” maksudnya adalah setelah kita meng extract file .exe kita program mana yang akan di jalankan (dengan catatan program tersebut harus termasuk pada list program yang ada dalam file.exe kita). Misalkan mIRC.exe (disini gw coba untuk program mirc yang telah di instal biasa ke komputer supaya bisa jadi portable alias bisa di bawa kemana-mana tanpa instalasi lagi).
  • Kemudian pada windows yang sama pilih tag “Advanced” cari tombol “Add shortcut” kalo kalian punya shortcut pada file yang akan kita buat .exe ketikan aja nama file shortcutnya misalkan “L”, pada bagian radio buttonnya kalian pilih salah satu dimana tempat shortcut itu akan di simpan, pilihannya ada di “Desktop, Start Menu, Start Menu/Program, atau pada Startup” pilih sesuai kebutuhan lalu klik OK
  • Kemudian langsung menuju tab “Text and icon” pada bagian “Title to SFX windows” yaitu untuk tampilan text yang akan muncul pada bagian atas windows ketika meng-extract. Pada bagian “Load SFX icon from the file” klik pada tombol “Browse” kemudian pilih icon yang termasuk pada file yang akan kamu bikin .exe misalkan sebagain contoh gw pilih “L.ico”
  • Setelah itu klik Ok maka tampilan akan kembali ke bagian windows “Archive name and parameters” klik tombol Ok, dan loe dah bikin file mirc portable dengan beberapa file dalam satu file .exe tersebut dan dapat di bawa kemana-mana tanpa instalasi lagi (portable).
Explore posts in the same categories: Tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: