Pengelolaan DNS Record

Salah satu fitur menarik yang tersedia jika anda memesan domain anda lewat RuangWeb adalah fitur Pengelolaan DNS Record.

Saat ini fasilitas ini hanya tersedia jika anda tidak menggunakan shared hosting, karena jika anda menggunakan shared hosting di tempat kami maka pengelolaan DNS record ini akan dilakukan pada jaringan server shared hosting kami yang saat ini terpisah dengan fasilitas pengelolaan DNS record ini.

Jika anda menginginkan fasilitas DNS record ini pada akun shared hosting, anda bisa mempertimbangkan untuk mengikuti paket reseller hosting. Pada paket reseller hosting, fasilitas ini disediakan lewat panel WHM.

Mengaktifkan Fitur ini

Secara default tidak diaktifkan. Jika anda mendaftarkan domain .com/.net/.org anda lewat RuangWeb DAN tidak menggunakan akun shared hosting kami, silakan kirimkan tiket ke bagian Billing & Account untuk mengaktifkan fitur ini tanpa biaya tambahan.

Batasan lain yang ada adalah bahwa fitur ini saat ini hanya tersedia untuk domain berakhiran .com, .net atau .org.

Untuk bisa menggunakan fitur ini anda perlu mengganti nameserver domain anda dengan nameserver yang tertulis pada halaman Pengelolaan DNS ini. Jika anda belum menggantinya, maka fitur ini tidak akan bisa bekerja.

Cara mengganti nameserver untuk domain anda dijelaskan lebih detil di halaman Perubahan Nameserver.

Cara Penggunaan

Pengisian (penambahan) DNS dilakukan pada tabel yang tersedia. Tabel ini berisi tiga kolom yang masing-masing berupa:

  • Nama Host

    Merupakan nama host (atau subdomain) pada domain anda. Isi dengan “www” atau “subdomain” jika anda menginginkan alamat “www.namadomainanda.com” atau “subdomain.namadomainanda.com”

    Atau isi dengan tanda @ jika anda menginginkan alamat “namadomainanda.com” (tanpa www atau subdomain lainnya)

    Atau isi dengan tanda bintang (*) jika anda menginginkan wildcard subdomain yang berarti jika tidak ada subdomain yang anda isi maka akan menggunakan record (data) ini.

  • Jenis Record

    Jenis yang diinginkan untuk record ini. Dijelaskan lebih detil di bagian bawah.

  • Alamat

    Alamat kemana record berjenis yang ditentukan pada kolom “Jenis Record” dengan alamat yang ditentukan pada kolom “Alamat” akan diarahkan. Jenis yang mungkin diisi adalah alamat IP (mis. 123.123.123.123) atau alamat server (mis. nama.sebuahserver.com), tergantung pada jenis record yang anda pilih.

Pengeditan record DNS bisa dilakukan dengan mengubah langsung pada datanya (pada record yang ingin anda edit).

Sedangkan untuk menghapus DNS record yang sudah anda, hapus saja DNS record yang sudah terisi lalu klik tombol “Simpan”.

Penjelasan tentang Jenis DNS Record

Jenis DNS record yang saat ini didukung adalah:

  • A (Address)

    Dengan jenis ini, anda bisa mengasosiasikan atau mengarahkan host atau subdomain anda ke sebuah server dengan menyebutkan alamat IP-nya di kolom “Alamat”. Misalnya anda bisa mengarahkan subdomain atau host bernama www ke alamat IP 74.125.67.100 (salah satu alamat IP untuk situs Google.com).

  • MX (Mail)

    Jenis ini akan menangani email dengan nama domain anda. Jika anda menentukan DNS record dengan jenis ini maka anda harus mengisi kolom “Alamat” dengan nama mailserver yang sudah dikonfigurasikan untuk domain anda tersebut, diakhiri dengan tanda . (titik).

    Misalnya anda mempunyai domain bernama “namadomainanda.com” dan sebuah mailserver yang sudah dikonfigurasikan untuk domain tersebut dengan alamat “nama.mailserver.com” maka anda perlu mengisinya dengan:

    Nama Host => @ (yang berarti akan mengarahkan semua alamat email dengan nama domain utama anda, atau isi dengan “jakarta” misalnya anda ingin mengarahkan email dengan alamat ‘nama@jakarta.namadomainanda.com’)

    Jenis Record => MX

    Alamat => nama.mailserver.com.

  • MXE (Mail Easy)

    Seperti halnya jenis record MX yang dijelaskan di atas, jenis MXE ini juga mengatur email dengan domain anda ini. Bedanya adalah, jika dengan MX anda harus mengisinya dengan nama mailserver yang benar maka dengan MXE anda harus mengisi kolom “Alamat” dengan alamat IP mailserver tersebut. Jika anda menggunakan/mengaktifkan fitur Mail Forwarding kami maka secara otomatis sistem akan menambah satu record berjenis MXE ini dan anda tidak bisa menggunakan jenis MX lagi.

  • CNAME (Alias)

    Digunakan jika anda ingin membuat alias sebuah nama host (subdomain) baik alias atas subdomain dengan nama domain anda sendiri atau dengan nama domain lain di luar domain ini.

    Praktek yang paling sering digunakan pada CNAME ini adalah jika anda menginginkan blog dari layanan pihak ketiga (misalnya blog dari layanan blogspot.com) dengan nama domain sendiri.

    Pada kolom “Alamat” untuk jenis record ini harus diakhiri dengan tanda . (titik).

  • URL Redirect

    Merupakan metode standar yang digunakan dalam URL Forwarding (pengalihan URL). Jika ada pengunjung yang masuk ke alamat subdomain anda yang berjenis ini, maka pengunjung tersebut akan dialihkan ke alamat yang anda tentukan pada kolom “Alamat”. Bagian pada kolom “Alamat” bisa anda isi dengan halaman web kemana akan diarahkan, dan harus diisi dengan alamat lengkapnya, misalnya “http://www.google.co.id/search?q=url+forwarding&ie=utf-8&hl=id&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a”.

    Kelemahan metode ini adalah pada baris alamat broser ditampilkan alamat tujuannya, pengunjung akan bisa melihat alamat sebenarnya ke mana subdomain anda ini diarahkan. Jika bagi anda ini menjadi masalah maka anda bisa menggunakan URL Frame yang dijelaskan di bawah.

  • URL Frame

    Berfungsi sama seperti URL Redirect, tetapi halaman akan disajikan dengan frame (sering juga disebut URL cloaking) sehingga pada baris alamat browser akan ditampilkan alamat dengan domain anda.

  • SPF (txt)

    Digunakan untuk mengisi informasi teks pada domain anda. Anda bisa mengisi apa saja dengan record jenis ini. Pada kolom “Alamat” isi teks yang anda inginkan dengan ditutup oleh tanda kutip (“) di awal dan di akhirnya.

    Praktek yang paling sering adalah menggunakan record ini untuk menentukan SPF record atau DomainKeys.

    Untuk informasi lebih lanjut tentang SPF Record dan cara pengisiannya, anda bisa mengunjungi situs OpenSPF.

Explore posts in the same categories: internet

One Comment pada “Pengelolaan DNS Record”


  1. […] some-more here:  Pengelolaan DNS Record Social Bookmarking Share and […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: