4 Langkah Posting ke Blog Via Email

bagaimana cara untuk posting via email, jadi pada posting kali ini, akan saya coba untuk menjelaskan secara gampang cara untuk melakukannya, tahap demi tahap.

  1. Masuk ke halaman Options » Writing, dibagian bawah akan kita dapatkan menu seperti ini:

    writing page

    Disini kita diberikan tiga pilihan random string yg bisa kita pake sebagai alamat email untuk posting ke WordPress, misal kita pilih string 042c7.

  2. Masuk ke halaman CPanel » Mail » Add/Remove/Manage Accounts yg disediakan oleh hosting provider kita, dan tambahkan email account baru dg nama 042c7, sesuai string yg kita pilih tadi.

    add email account

  3. Kembali ke halaman Options » Writing, dan lengkapi form di bagian Post by Email tadi dg informasi seperti ini:
    • Mail server: mail.namablog.com mis: mail.mimpikami.com
    • Port: 110 atau sesuai port POP3 Anda
    • Login name: 042c7@namablog.com mis: 042c7@mimpikami.com
    • Password: password

Ok, sekarang coba kita kirimkan sebuah email ke alamat 042c7@namablog.com, kalau sudah, coba refresh blog kita. Hasilnya email tersebut belum akan ada di blog kita, karena kita belum melakukan langkah terakhir, yaitu memberitahu WordPress untuk mengecek apakah ada pesan email baru di alamat email tsb, dan kalau ada, menyimpan isi email tsb sebagai sebuah entri pada blog kita.

File yg bertanggung jawab untuk melakukan ini ialah file wp-mail.php, yg beralamat di http://namablog.com/wp-mail.php. Jadi langkah terakhir yg harus kita lakukan yaitu memanggil file ini, cara yg bisa dipakai antara lain:

  • Memanggilnya secara manual dari browser. Di address bar, masukkan alamat blog kita ditambah wp-mail.php, ex: http://wp.mimpikami.com/wp-mail.php
  • Memanggil file wp-mail.php setiap kali ada yg membuka blog kita, caranya, kita edit bagian footer dari template yg kita gunakan dan menambahkan kode berikut ini tepat sebelum kode </body>:
    1
    
    <iframe src="http://namablog.com/wp-mail.php" name="mailiframe" width="0" height="0" frameborder="0" scrolling="no" title=""></iframe>

    Jangan lupa untuk mengganti kode pada src=”” dg alamat file wp-email.php yg benar ya.

  • Membuat cron job dengan perintah:
    1
    
    wget -N http://example.com/installdir/wp-mail.php

Untuk yg belum mengerti cron job, saya sarankan menggunakan cara yg kedua saja.

Setelah langkah diatas selesai, coba masuk lagi ke blog kita, dan kita akan mendapatkan bahwa email yg kita kirim akan menjadi sebuah entry baru, dg subjek email sebagai judul artikel, dan isi email sebagai isi artikelnya, contohnya seperti artikel ini. Karena saya menggunakan email Yahoo!, maka dibagian bawah postingannya ada iklan dari Yahoo!.

Oya, 042c7 hanyalah contoh string yg disediakan oleh WordPress, silahkan gunakan string yg disarankan oleh installasi WordPress Anda.

Explore posts in the same categories: internet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: