Instalasi Microsoft Loopback Adapter untuk Digunakan pada Virtual PC

Pada Virtual PC, jika kebetulan komputer yang kita gunakan terhubung dengan jaringan yang sesungguhnya, maka OS virtual yang berada pada Virtual PC tersebut juga dapat berhubungan dengan komputer lainnya didalam jaringan yang sama. Namun bagaimana jika komputer yang kita gunakan tidak terhubung ke jaringan ? misalnya saja saat ngoprek Virtual PC tersebut di rumah ? Solusinya yaitu dengan menggunakan Microsoft Loopback Adapter.

Microsoft Loopback Adapter sebenarnya hanyalah sebuah dummy driver, atau sebuah driver tanpa hardware yang sesungguhnya. Dalam kaitannya dengan Virtual PC, fungsi Loopback Adapter ini punya prinsip kerja yang sederhana, yaitu sesuai dengan arti loopback itu sendiri dimana data yang dikirimkan akan dikembalikan lagi ke sumbernya tanpa melalui jaringan yang sesungguhnya. Dengan demikian, walaupun komputer yang kita gunakan tidak terhubung ke jaringan, namun OS virtual yang berada pada Virtual PC bisa tetap berhubungan dengan komputer kita atau dengan OS virtual lainnya (jika ada) dalam sebuah jaringan komputer virtual.

Masih dalam kaitannya dengan Virtual PC, Microsoft Loopback Adapter ini dapat kita gunakan untuk membangun sebuah Virtual Lab pada komputer kita, sekedar untuk latihan atau eksperimen sendiri. Misalnya saja kita dapat membangun sebuah infrastruktur jaringan berbasis Active Directory, mencoba berbagai macam layanan seperti DHCP server, DNS server, dan masih banyak lagi. Dan itu semua cukup dilakukan pada satu komputer saja tanpa harus membangun infrastruktur jaringan yang sesungguhnya.

Apa itu Virtual PC ? silakan baca ebook hasil karya pa Tutang yang dapat di download disini. Ebook ini sangat bagus karena hampir semua aspek tentang Virtual PC disajikan dengan sangat jelas hingga mudah untuk dimengerti. Salute buat pa Tutang

Membuat Sendiri Konektor Loopback Adapter untuk Digunakan pada Virtual PC

Selain menggunakan dummy driver seperti Microsoft Loopback Adapter, masih ada cara lain untuk menghubungkan Virtual PC ke komputer kita yaitu dengan membuat sendiri konektor Loopback Adapter.

Skema Dasar

Pada dasarnya loopback adapter menganut pola yang sama dengan aturan pengkabelan ethernet standar, yaitu:

(Konektor A) Pin 1 –> Pin 3 (Konektor B)
(Konektor A) Pin 2 –> Pin 6 (Konektor B)
(Konektor A) Pin 3 –> Pin 1 (Konektor B)
(Konektor A) Pin 4 –> Pin 7 (Konektor B)
(Konektor A) Pin 5 –> Pin 8 (Konektor B)
(Konektor A) Pin 6 –> Pin 2 (Konektor B)
(Konektor A) Pin 7 –> Pin 4 (Konektor B)
(Konektor A) Pin 8 –> Pin 5 (Konektor B)

Namun tentu saja untuk membuat konektor Loopback Adapter ini kita tidak menggunakan 2 konektor tapi cukup 1 konektor saja, maka skema dasarnya menjadi seperti ini:

(Konektor A) Pin 1 –> Pin 3 (Konektor A)
(Konektor A) Pin 2 –> Pin 6 (Konektor A)
(Konektor A) Pin 4 –> Pin 7 (Konektor A)
(Konektor A) Pin 5 –> Pin 8 (Konektor A)

Artinya, pin 1 akan dihubungkan ke pin 3 pada konektor yang sama, demikian juga dengan pin-pin lainnya.

Kebutuhan

Kebutuhan yang harus disiapkan untuk membuat konektor ini sangat sederhana alias tidak ada yang aneh. Kita hanya membutuhkan crimping tool, tang pemotong, sebuah konektor RJ45 dan seutas kabel UTP bekas🙂

image

Cara Membuat

Cara membuatnya juga sangat mudah, terlebih jika kita sudah terbiasa dengan urusan crimping kabel UTP. Langkah pertamanya tentu saja membuka selubung kabel UTP tersebut, namun jangan terlalu pendek, mungkin sekitar 10 cm.

image

Kabel yang sudah dikupas lalu dipotong dan diluruskan. Sesuai dengan skema diatas, kita hanya membutuhkan 4 kabel saja, warna bebas, disesuaikan dengan selera😀 Selubung kabel juga jangan dibuang dulu karena nanti masih ada gunanya.

image

Berikutnya tinggal susun kabel sesuai dengan skema diatas.

image

Lalu rapatkan ujung-ujung kabel dan masukan ke konektor RJ45. Hati-hati dengan susunannya, jangan sampai berubah.

image

Sekarang kita manfaatkan selubung kabel yang tadi. Potong sekitar 3 cm lalu masukan kedalam kabel. Memasukannya jelas harus dari belakang karena ujung kabelnya sudah masuk kedalam konektor. Usahakan agar sebagian kecil selubung tersebut ada yang masuk kedalam konektor juga, hal ini untuk memperkuat kabel agar tidak mudah lepas dari konektornya. Kita juga harus tetap berhati-hati dengan susunan kabelnya agar tidak sampai berubah. Setelah selubungnya masuk, tinggal gunakan crimping tool untuk mengencangkan posisi kabel pada konektor.

image

Sedikit dipercantik dengan selubung karet untuk konektor🙂

image

Sampai tahapan ini, proses pembuatan konektor Loopback Adapter kita telah selesai. Jika ada Cable Tester, kita dapat mengecek hubungan antar pin, barangkali saja ada pin yang tidak terhubung. Gunakan acuan pada skema dasar untuk memastikannya.

image

Dan beginilah hasilnya jika konektor Loopback Adapter kita terpasang pada laptop🙂

image

Seting pada Virtual PC

Dengan menggunakan Konektor Loopback Adapter ini, seakan-akan komputer kita terhubung dengan jaringan yang sesungguhnya, oleh karenanya, pada Virtual PC tidak perlu pengaturan lain. Cukup arahkan seting networking pada Virtual PC untuk menggunakan network adapter yang terpasang di komputer kita, dan kita sudah bisa terhubung dengan OS virtual pada Virtual PC.

image

Gitu aja, selamat berkreasi juga bereksperimen dengan Virtual Lab

Instalasi Microsoft Loopback Adapter untuk Digunakan pada Virtual PC

Instalasi Microsoft Loopback Adapter di sistem operasi Windows pada dasarnya sama saja dengan instalasi hardware baru. Pada Windows Vista caranya sebagai berikut:

Buka Control Panel lalu klik-ganda Add Hardware.

image

Kotak dialog Add Hardware Wizard akan tampil. Klik Next.

Pada kotak dialog berikutnya, pilih Install the hardware that I manually select from a list (Advanced). Lalu klik Next.

image

Pilih Network adapters. Klik Next.

image

Berikutnya akan tampil kotak dialog Select Network Adapter. Disini pilih Microsoft di kolom sebelah kiri lalu pilih Microsoft Loopback Adapter di kolom sebelah kanan.
Klik Next.

image

Wizard akan menampilkan informasi bahwa hardware siap untuk di install. Klik tombol Next.

image

Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai.

image

Klik tombol Finish untuk mengakhiri proses instalasi ini.

image

Cek hasil instalasi pada Network Connection. Disini telah ada penambahan satu buah koneksi baru, yaitu Microsoft Loopback Adapter.

image

Seting Microsoft Loopback Adapter pada Virtual PC

Setelah Microsoft Loopback Adapter terinstall pada komputer kita, berikutnya tinggal mengatur konfigurasi pada Virtual PC untuk menggunakan Loopback Adapter sebagai Network Adapter-nya. Caranya sebagai berikut.

Pada Virtual PC Console, klik tombol Settings.

image

Kotak dialog baru akan terbuka. Pilih Networking di kolom sebelah kiri, dan di kolom sebelah kanan pilih Microsoft Loopback Adapter. Akhiri dengan menekan tombol Ok.

image

Berikutnya tinggal hidupkan OS Virtual pada Virtual PC lalu atur konfigurasi jaringan seperti biasanya (IP, Subnet, Gateway, etc.), baik pada OS virtual maupun pada Loopback Adapter di komputer kita. Setelah itu tinggal cek koneksi jaringan virtual kita dengan menggunakan perintah ping.

Catatan:
Instalasi Microsoft Loopback Adapter pada sistem operasi Windows XP sama saja alias tidak berbeda jauh, mungkin hanya ada sedikit perbedaan pada wizard-nya saja.

Mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya.

Explore posts in the same categories: install

2 Komentar pada “Instalasi Microsoft Loopback Adapter untuk Digunakan pada Virtual PC”

  1. red Says:

    Sangat bermanfaat Bro.. thank’s

  2. Budi Badru Zaman Says:

    Terima kasih, begitu bermanfaat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: