Managemen ADSL, Domain & IP untuk Pelanggan TelkomSpeedy dengan Dynamic IP

Anda Pasti bingung dan bertanya-tanya, bagaimana yah cara menjadikan internet dengan akses Speedy yang tidak memiliki IP tetap (Dynamic) bisa menjadi Server Bagi Kita, dan bisa diakses secara Global (www, ftp, telnet, dan lain-lain) dan memiliki Domain Sendiri meskipun IP speedy selalu berubah-ubah namun Domain tetap bisa diakses.

Anda Pasti bingung dan bertanya-tanya, bagaimana yah cara menjadikan internet dengan akses Speedy yang tidak memiliki IP tetap (Dynamic) bisa menjadi

Server Bagi Kita, dan bisa diakses secara Global (www, ftp, telnet, dan lain-lain) dan memiliki Domain Sendiri meskipun IP speedy selalu berubah-ubah namun

Domain tetap bisa diakses.

Disini saya akan menjabarkan secara detail tentang bagaimana membuat koneksi speedy kita yang mempunyai IP dynamic bisa menjadi server, dimana nantinya koneksi speedy bisa dijadikan sebagai server semisal ‘www, ftp, telnet, email, dan lain-lain’ dan bisa diakses secara global.

Kebutuhan infrastructur :

  • Koneksi Speedy
  • Modem ADSL
  • 1 PC (tidak harus Server) dan minimal Windows XP
  • Hub (untuk keperluan sharing)
  • minuman dingin agar ga kehausan waktu ngerjain

Dengan Asumsi kebutuhan infrastruktur diatas sudah terpasang dan koneksi speedy sudah jalan normal.

Sekarang kita mulai memodifikasi konfigurasi modem untuk menjadikan pc yang terhubung dengan adsl kita sebagai server yg meng-host kebutuhan seperti

yang saya sebut diatas (www, ftp, telnet, dan lain-lain).

1. login lah ke Modem ADSL Speedy anda

2. ubahlah koneksi speedy di modem, yang awalnya PPPoE/PPPoA (dengan user&password), Menjadi Bridge Mode (tanpa user & password)

Seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

gambar 1.1

Contoh Capture diambil dari modem BILLION

3. Simpan Konfigurasi Modem Anda

sekarang untuk bisa mendapatkan ip dynamic dari speedy, kita beralih ke PC yang terkoneksi dengan Speedy langsung atau yang

4. terhubung melalui hub. Dengan mengikuti cara nomer 4 dibawah ini..

5. bukalah Network Connection atau dengan meng-klik Start – Settings – Control Panel – Network Connections , dan tampilan akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini :

gambar 1.2

Network Connections

6. Kemudian Buatlah Koneksi PPP dari Windows Anda untuk mendapatkan ip dynamic dari speedy dengan mengklik

Create a new connections

7. kemudian ikuti seperti pada gambar dibawah ini (samakan Pilihan nya) :

Klik Next …

Klik Next …

Klik Next …

Klik Next …

isikan apa aja, karena ini hanya penamaan aja

Klik Next …

isikan username & password Speedy Anda dengan benar

Klik Next …

Klik FINISH …

8. Kemudian akan muncul Kotak isian Username & Password, jika anda telah mengikuti langkah2 diatas dengan benar, maka kotak yang muncul akan sudah terisi untuk kolom username & password nya, Sekarang untuk melakukan Koneksi, tekan CONNECT

9. Bila koneksi Speedy Anda Akan muncul 2 indikator seperti gambar dibawah ini, dan bila di ipconfig via DOS, PC Anda Mempunyai 2 IP Address,

10. yaitu IP Local (private ip) dan IP dari Speedy (public IP)

Indikator Pertama

indikator kedua

11. SELESAI

Dari Percobaan diatas, PC anda sekarang sudah bisa di jadikan Server yang bisa dikenali dunia secara langsung, dalam artian bisa meng-host banyak kebutuhan

diantaranya www, ftp, email, dan lain-lain, karena peran modem diatas hanyalah sebagai Bridging (tidak memiliki IP dan sebagai penjembatan koneksi internet speedy Anda)

DynDNS ( Dynamic DNS) – www.dyndns.com

Adalah penyedia DNS untuk dynamic dan static IP serta banyak Sub-Domain yang bisa di gunakan secara bebas dan GRATIS, dalam artikel ini kita akan

membuat satu sub domain ‘anda.subdomain.xxx’ dengan puluhan pilihan subdomain yang sudah tersedia di dyndns.com serta updating secara berkala supaya

domain selalu mengenali ip speedy anda yang selalu berganti karena bersifat dinamis, serta software pendukung nya

Syarat dan Caranya :

1. internet anda harus udah tersambung dengan koneksi speedy

2. buka url ini di browser anda : www.dyndns.com

3. atau langsung aja buat account baru di : https://www.dyndns.com/account/create.html

4. lakukan konfirmasi melalui email Anda tadi, dan klik url yang ada didalam nya untuk mengaktivkan account anda.

5. bila sudah aktivasi, account anda akan langsung aktiv

6. lakukan login ke dydns dengan user+password anda tadi

7. klik pada My Services yang terletak pada pojok atas kanan

8. pilih lah menu Add Host Services (gb. lingkar 1)

9.kemudian klik Add Dynamic DNS Host (gb. lingkar 2)

Cara cepat untuk mem by-pass nomer 7-9 dengan meng klik / copy paste di browser: https://www.dyndns.com/account/services/hosts/dyndns/add.html

10. berikut tampilan setelah klik Add Dynamic DNS Host:

* untuk mail Exchanger dan pilihan backup MX à tidak perlu di isi krn bersifat

optional

* IP Adress, ip udah langsung terisi, ip itu adalah ip speedy dynamic anda saat

mendaftar dan lagi aktif

* begitu tombol anda pencet, maka sub-domain yang baru anda buat

sudah langsung aktif dan sudah mengarah ke ip speedy anda

* dan domain juga udah bisa langsung di akses via internet

Contoh :

– misal pada hostname anda isian : wongedan

– Kemudian dengan pilihan domain : blogdns.net

– Settingan yg lain à default (tanpa ada perubahan)

– Kemudian klik à Add Host

maka alamat url domain untuk speedy anda adalah :

http://wongedan.blogdns.net/

NOTE:

· Sub-Domain yang anda buat bisa menjadi sub-domain anda selamanya

· Sub-domain yang anda buat tadi ( http://wongedan.blogdns.net/ ) tidak bisa mengikuti perubahan ip pada speedy anda kecuali anda mengikuti tahap terakhir yang akan saya jelaskan di bawah ini, yang akan secara otomatis mengupdate ip dynamic anda dengan sub-domain di dyndns

Proses Updating DNS pada DynDNS.com

Updating DNS pada DynDNS ini sangat diperlukan, mengingat ip Speedy Anda adalah Dynamic IP ( tidak memiliki IP tetap )

Agar DynDNS selalu mengerti perubahan IP speedy anda, anda perlu untuk meng-update ya secara berkala di web nya dyndns, terutama saat modem baru di nyalakan, atau faktor lain yg menyebabkan ip berubah

Untuk memudahkan proses Updating dan update secara OTOMATIS, DynDNS telah menyediakan Software pendukung nya yang disediakan secara Free, yang berfungsi untuk peng-updatan secara otomatis sub-domain dengan ip dynamic speedy Anda.

ikuti langkah-langkah dibawah ini dan download file updater :

1. https://www.dyndns.com/support/clients/ atau di http://www.download.com/DynDNS-Updater/3000-2381-10405775.html?part=dl-DynDNSUpd&subj=dl&tag=button

2. nama file yag anda akan dapatkan adalah : dyndns-setup.zip

3. extract lah file tersebut

4. jalankan file setup.exe

Klik Run …

Klik Next …

Klik Next …

Klik Next …

Klik Next …

Klik INSTALL ..

Tunggu sampai proses install selesai…

Pilih Lauch Dyndns Updater, Klik Finish dam membuka aplikasi DynDNS

5. Klik Settings .. Pada Tab menu Info

6. Pada menu GROUP, buatlah Grup baru dengan meng-klik Add

isikan dengan domain yang anda buat tadi

7. Klik OK

8. akan muncul kolom isian untuk memasukkan username dan password anda yang di dyndns (isikan secara benar)

9. Kemudian Klik Add

10. masukkan sub-domain yang sudah anda buat tadi (wongedan.blogdns.net), dengan pilihan system dyndns

11.setelah pembuatan group, kita beralih ke menu Dialer

12. isikan username dan password speedy anda disitu, atau klik tombol detect untuk detect dialer account yang sudah anda buat tadi

13. kemudian Klik OK sampe aplikasi tertutup, tapi pastikan icon try dyndns masih ada, tunggu sbentar sekitar 5-10 detik, untuk dyndns melakukan connecting secara otomatis

Notes:

– bila icon tray berwarna hijau, maka connection à SUKSES

– bila berwarna merah à connetion GAGAL

– Lihat Log bila terjadi error

Kesimpulan:

Bila anda telah berhasil dengan metode diatas, maka anda & speedy anda akan mempunyai domain http://wongedan.blogdns.net dan akan selalu menjadi domain anda ketika internet speedy anda aktif/online, karena fungsi dyndns atas melalukan pengecekan/syncronisasi ip selang beberapa detik atau tiap kali waktu connecting Speedy.

Good Luck & Have Fun With You new Domain J

Explore posts in the same categories: internet

7 Komentar pada “Managemen ADSL, Domain & IP untuk Pelanggan TelkomSpeedy dengan Dynamic IP”


  1. wah,,,,mantap kang artikelnya,…..
    terus berkarya kang

  2. HAKIM Says:

    joss tenan kie..oy numpang tanya boleh..kalau speedy tidak bisa digunakan untuk akses VPN kenapa ya…?
    jadi ketika pass masukan username dan passwrd selalu gagal terus..padahal ketika diganti dengan koneksi lain hasilnya lancar-lancar aja…

    mohon pencerahan

  3. triandy Says:

    salam kenal mas… saya sudah ikuti langkah2 sesuai artikel tadi, tapi kenapa ya mas? ketika saya ketik alamat dg domain dari dyndns tadi selalu mengarah ke konfigurasi modem, padahal yg saya inginkan adlah tertuju pda webserver (website yg disipan di hotdoc (xampp)). sya pake modem aztech DL605EU.. Mohon penjelasannya ya mas…trima kasih sebelumny!

  4. andi Says:

    kalo cara setting step by step speedy dinamic cctv bisa diliahat pake hape gmn ya mas??

  5. dewa Says:

    Bagaimana kalau struktur jaringannya seperti ini bank
    modem- Switch – LAN, server berada didalam LAN. apakah mungkin menggunakan Modus koneksi Broadband. ?

    klau menggunakan dynDNS apakah masih perlu ubah cara koneksi ataukah biarkan model PPOE?

    terima kasih

    dewa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: