Membuat Distro Linux dengan Ubuntu Mini

Ubuntu Mini CD adalah salah satu edisi pengembangan Ubuntu yang paling dasar alias paling kecil diantara hasil pengembangan yang lain. Mini CD inilah yang digunakan sebagai dasar bagi pengembangan varian Ubuntu yang lain dari Ubuntu, Kubuntu, Xubuntu, Lubuntu, dan bahkan JeOS. Mini CD benar-benar berisi sekumpulan file sistem linux yang paling dasar plus fasilitas instalasi software Ubuntu.

Membuat distro linux sendiri dengan basis Ubuntu Mini tergolong mudah dan murah (jika anda punya repositori software lengkap). Yang perlu anda lakukan cukup menyiapkan lingkungan virtual (berbasis VirtualBox atau VMWare) kemudian menginstall sementara Ubuntu Mini CD kedalamnya.

Langkah selanjutnya, install seluruh software yang ingin anda masukkan pada distro linux anda itu. Caranya mudah, sama seperti menginstall software di Ubuntu biasanya, apt-get install blablabla. Anda bebas memilih paket software apapun, bebas memilih Desktop apapun, mau Gnome, KDE, LXDE atau OpenBox atau terserah rencana/selera anda.

Langkah terakhir yang paling pokok adalah menginstall aplikasi remastering. Salah satu yang banyak dipakai adalah mklivecd. Cukup install dengan perintah apt-get install mklivecd. Hasil eksekusi mklivecd atau remastersys adalah sebuah file ISO, yang bisa anda bakar dan distribusikan.

Explore posts in the same categories: Ubuntu & Debian, Ubuntu/Debian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: